Kamis, 21 Juni 2012

Minuman Anggur Tiruan


Minuman Anggur Tiruan

Bahan Baku : 

ü  Buah Nanas..........................   1 kg
ü  Air matang ..........................   3 liter
ü  Gula pasir ............................   1 kg
ü  Ecence saparilla (coffe mocca)          15 cc
ü  Pewarna hitam.....................   5 cc
ü  Alcohol 95%..........................   15 cc

Cara membuat : 

ü  Terlebih dahulu kupaslah buah nanas sampai semua kulitnya bersih. Kemudian cucilah dengan air garam agar nantinya tidak gatal bila digunakan. Disamping itu pencucian dengan garam juga dimaksud agar tidak menimbulkan serak atau batuk bila sudah diolah menjadi minuman.
ü  Setelah nanas dicuci dan benar-benar dari semua kotoran, selanjutnya diparut agar halus.
ü  Hasil parutan buah nanas yang ada dalam panci itu kemudian diberi air 2 gelas ( air matang ) dan diperas sambil disaring untuk di ambil airnya. Sedangkan sepah nanas yang sudah tidak di pakai bisa di jadikan tong sampah.
ü  Air nanas yang sudah disaring direbus dengan gula pasir sampai mendidih. Bila sudah mendidih maka sisi air matang yang tadi di ambil 2 gelas dimasukan semuanya dan rebus kembali sampai mendidih. ( larutan 1 )
ü  Setelah mendidih lalu masukkan bahan pewarna ke dalamnya dan aduk sampai merata ( larutan 2 )
ü  Selanjutnya larutaan 2 diangkat dari atas kompor dan dinginkan sekitar 5 menit. Kemudian masukkan ecence saparilla serta biarkan menjadi dingin. ( larutan 3 )
ü  Bila larutan 3 sudah dingin perlahan-lahan di aduk agar ecence tercampur menjadi satu. ( larutan 4 )
ü  Setelah itu masukkan alcohol 95% ke dalam larutan 4, kemudian larutan dimasukkan dalam botol dan tutup menggunakan krop ( tutup botol minuman)
ü  Bila botol sudah di tutup rapat, larutan yang ada di dalam botol  itu di kocok-kocok agar semua bahan yang ada didalam botol benrcampur menjadi satu. kemudian di simpan beberapa saat dan akhirnya bisa di coba. 

Catatan :
ü  Untuk keperluan membuat minuman anggur tiruan jangan sekali-kali menggunakan gula selain gula pasir. Sebab gula pasir mengandung kadar lebih rendah di bandingkan jenis gula lainnya
ü  Pembuatan minuman ini memang di perlukan alcohol 95% alcohol ini tidak berbahaya dan sudah merupakan hal yang umum di gunakan sebagai campuran minuman. Namun demikian pada waktu minuman janganlah sekaligus dihabiskan 1 botol, karena dapat menyebabkan pusing. Hal ini di karenakan termasuk minuman beralkohol dan termasuk jenis minuman keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar